Laman

Minggu, 17 April 2011

KOMUNKASI BISNIS - KAP, KAB, DAN KAO

A. KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DALAM LINGKUNGAN BISNIS

komunikasi anatar pribadi (KAP) adalah komunikasi yang terjadi terutama terdiri dari dua atau lebih yang bersifat alami dan menghasilkan hubungan yang produktif secara terus-menerus
keahlian terpenting dalam seorang manager :
  1. konsep diri
    disini manager harus menyadari dirinya sendiri. menurus goss & o'hair (1988) : menyatakan bahwa suatu konsep diri cenderung dengan melihat atau menganilis dirinya sendiri dan menyakini atau menyadari seberapa berharganya dirinya bagi orang lain.
    konsep diri :
    > dapat membantu orang lain untuk melakukan inovasi baru
    > dapat memiliki kepercayaan diri
    > dapat mengakui kesalahan dirinya sendiri
    > dapat membuat orang lain senang
    komunikator bisnis membawa konsep diri yang relatif stabil terhadap :
    > persentase bisnis
    > wawancara
    > memimpin rapat
    > video refencing
    > seminar
    dan dalam hal ini kotor bisnis memodofikasi dirinya sendiri.
    menurut myers&myers (1988) : anak-anak akan meniru tingkah laku orang dewasa tanpa banyak bertanya, dan kemudian anak-anak akan memainkan perannya dalam memainkan pola perilaku yang sudah tak asing lagi baginya.
  2. hubungan
    rasa harga diri dan iklim lah yang menjadi dasar persfektif dalam mengawali menjalani sebuah hubungan yang baik. keinginan ingin dilibatkan adalah hal yang mendasar keinginan setiap orang (schutz 1977).
    > hubungan muncul karena individu memiliki kebutuhan
    > kebutuhan-kebutuhan yang menekankan sebagian besar prilaku yang kita lihat dari suatu organisasi
    > harapan untuk ikut terlibat, mengendalikan, menunjukkan rasa cinta terhadap rekan kerja
    > tidak ada kebutuhan yang baik, tidak ada kebutuhan yang buruk. kita smeua dapat menjadi komunikator organisasi yang baik
    > kebutuhan individu sering tidak terjangkau kontrol kotor bisnis
  3. keterbukaan
    dimana subuah hubungan tidak akan terjalin dengan baik jika tidak keterbukaan.
    > pemenuhan kebutuhan
    > keterbukaan
    > hubungan 
    > konsep diri
B. KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA

komunikasi antar budaya adalah " suatu prosen mengirim pesan dan menerima pesan-pesan dari orang-orang yang memilki latar belakang budaya yang dapat membawa mereka untuk dapat mengartikan lambang verbal dan nonverbal dengan berbagai cara"
usaha untuk mengenali budaya asing akan memberikan kita peluang untuk berbisnis dengan meamksimumkan angkatan kerja.
peluang bisnis - KAB - angkatan kerja multikultur
tantangan dalam KAB :
  • xenophobia
  • etnosntrisme
  • streotip
pluralisme budaya adalah dimna kita menerima budaya tersebut dengan apa adanya. untuk itu hak yang harus di hindari adalah :
  • hindari untuk mengeluarkan asumsi
  • hindari untuk menghakimi
  • akui adanya perbedaan
masalah komunikasi non verbal :
  • ucapan selamat : jabat tangan, mengangguk, ciuman ringan, cipika-cipiki
  • ruang pribadi : berdiri dekat dan berdiri jauh
  • ekspresi wajah : menganggukkan kepala / jempol, menggelengkan kepala / jempol
  • posisi tubuh : rileks, tegak
  • masalah usia : usia muda di amerika di hargai, sedang kan di asia sebaliknya
  • masalah gender : pria dianggap lebih tangka dan tegas
  • kontak mata : jangan terlalu terbuka karna di anggap agresif
  • formalitas : budaya nya lebih atau kurang dari budaya kita
C. KOMUNIKASI ANTAR ORGANISASI

perusahaan adalaha suatu organisasi yang terdiri dari satu kelompok atau individu-individu yang betujuan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan melalui hieraki kepangkatan dan pembagian kerja
definisi dari kotchler : suatu hubungan yang tersruktur mengkoordinasi suatu unsur kelompok untuk mencapai tujuan tertentu
  • adanya struktur organisasi : pola hubungan dan kewajiban-kewajiban, peraturan-peratuan, kewajiban-kewajiban, prosedur kerja dan pembagian kerja
  • adanya komunikasi horizontal dan vertikal : horizontal untul mengurangi dan vertikal sudah jarang di pergunakan
  • adanya komunikasi formal dan non formal : saling melengkapi namun akhirnya selalu ada kebohongan dan informasi aslinya hancur
komunikais pokok dalam organisasi :
  1. komunikasi sebagai alat transfer informasi untuk menunju organisasi
  2. komunikasi sebagai wahana untuk organisasi menuju lingkungannya
  3. komunikasi sebagai alat input dan output organisasi
komunikasi dalam tim :
  • memilih kolaborator yang tepat
  • menyetujui proyek sbelum di mulai
  • memberi waktu untuk anggota saling mengikat
  • mengklarifikasi tanggung jawab individu
  • menetapkan prosen yang jelas
  • memastikan alat-alat sudah siap
  • menentkan notulen
  • memeriksa semua aspek perjalanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar